MAN 2 MODEL MEDAN

Halaman

Kontak

  • Telp
    061-4524713
  • Fax
    061-4524713
  • Email
    manduamodelmedan@yahoo.com

Layanan Lain

  • Cek Absen Online
  • Kemdikbud
  • Sertifikasi Guru
  • BSE
  • Rumah Belajar

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung :
IP address anda : 35.172.201.102

OSIM MAN 2 Model Medan Gelar Latihan Kepemimpian Dasar

01 - Humas - 12 Desember 2016

WKM Kesiswaan Dra. Hj. Nur Asmah Harahap dan Bendahara MAN 2 Model Medan Marbatu, SE sedang menyampaikan materi LKD, Minggu (11/12)

              Man 2 Model Medan merupakan madrasah yang peduli terhadap kepimpinan, hal ini diwujudkan melalui Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) yang digelar Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 2 Model Medan pada hari Minggu (11/12), bertempat di aula utama MAN 2 Jl.Willem Iskandar 7A Medan, acara tersebut dimulai pukul 7.30 WIB yang diikuti oleh khusus siswa-siswi yang tergabung dalam OSIM MAN 2 Model Medan. Adapun tema dalam pelatihan ini adalah Membangun Kepribadian KepemimpinanYang Berkualitas. Akademis, Serta Memahami Fungsi dan Peran Kehidupan Berorganisasi.

            Dalam pelatihan tersebut, ada tiga narasumber yang menyampaikan materi tentang permasalahan kepemimpinan. Pertama Dra. Hj. Nur Asmah Harahap selaku WKM Kesiswaan MAN 2 Model Medan yang menyampaikan materi seputar makna kepemimpinan serta kepemimpinan dalam Islam. Kedua Marbatu, SE selaku Bendahara Man 2 Model Medan yang menyampaikan materi seputar perbendaharaan. Ketiga Baihakim mahasiswa UIN SU Fak. Syariah menyampaikan materi seputar Keorganisasian.

            Dalam kesempatan tersebut, Kepala MAN 2 Model Medan yang diwakili WKM Kesiswaan sekaligus pemateri pada acara tersebut Dra. Hj. Nur Asmah Harahap menyampaikan apresiasinya terhadap LKD yang diadakan oleh pihak OSIM MAN 2. “Melalui pelatihan kepemimpinan dasar ini, kita dapat menemukan sosok pemimpin ideal yang bertanggung jawab serta amanah dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin baik di madrasah kita ini begitu juga ketika sudah terjun di tengah-tengah masyarakat”, Tegas Nur Asmah.

            Selain itu juga, Nur Asmah menyampaikan bahwa arti kepemimpinan yang sederhana yaitu setiap hal yang bersifat mengajak seseorang dalam kebaikan, dengan mengajak seseorang melakukan kebaikan, hal itu dapat dikategorikan sebagai pemimpin seperti mengajak seseorang untuk belajar, diskusi dan sebagainya. “Kita semua adalah pemimpin, dan semua bisa jadi pemimpin, sesuai dengan surah al-Baqarah : 30 bahwa Allah menciptakan manusia di muka bumi ini untuk menjadi seorang khalifah yaitu pemimpin di dunia, kemudian juga sesuai dengan hadis riwayat Imam al-Bukhari bahwa tiap-tiap kita adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya”, ujar Asmah.

            Narasumber kedua Marbatu, SE sekaligus Bendahara MAN 2 Model Medan menjelaskan bahwa dalam setiap organisasi pasti ada hal-hal yang terkait dengan keuangan. Penangung Jawab permasalahan keuangan tersebut adalah bendahara, untuk menjadi seorang bendahara yang baik dan berkualitas seseorang dituntut harus mengerti angka-angka sebab dalam kesehariannya seorang bendahara akan terus menghitung angka-angka, kedua seorang bendahara harus pintar, jujur, amanah, bertangung jawab dan tidak khianat terhadap tanggung jawabnya.

            Narasumber terakhir yaitu Baihakim menerangkan bahwa setiap organisasi pasti akan menghadapi berbagai problem, untuk itu setiap pemimpin organisasi harus bijak dan berani mengambil tindakan untuk mengatasi problem tersebut. Setiap pemimpin juga dituntut untuk bekerjasama terhadap anggota-anggota yang menjadi tanggung jawabnya agar organisasi tersebut tidak pecah melainkan bersatu, agar hal itu terwujud seorang pemimpin harus bersifat tawadhu’ rendah hati, saling menghargai dan menghormati kepada siapapun.

            Dalam kesempatan yang sama, WKM Humas MAN 2 Model Medan Dr. Mohammad Al Farabi, M.Ag menyampaikan bahwa belum lama ini OSIM MAN 2 sudah serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru. “Pelatihan ini sangat sesuai diadakan oleh pihak OSIM yang baru saja menjabat agar mereka paham sekaligus menerapkan bagaimana mengemban amanah yang baik dalam kepemimpinan”, Ujar Al Farabi.

Baca Juga

0 Komentar

Belum ada komentar

Kirim Komentar

Nama Anda

Kota

Email

Komentar