MAN 2 MODEL MEDAN

Halaman

Kontak

  • Telp
    061-4524713
  • Fax
    061-4524713
  • Email
    manduamodelmedan@yahoo.com

Layanan Lain

  • Cek Absen Online
  • Kemdikbud
  • Sertifikasi Guru
  • BSE
  • Rumah Belajar

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung :
IP address anda : 127.0.0.1

MAN 2 Model Medan Gelar Expo Five Languages Competition 2016

01 - Humas - 29 Oktober 2016

Kakanwil Kemenagsu yang diwakili Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah H.Solahuddin Sagala,SH,M.Si menyerahkan piala bergilir kepada Kepala MAN 2 Model Medan Dr.H.Burhanuddin,M.Pd untuk diperlombakan pada Expo Five Languages Competition, Sabtu (29/10).

 

Dalam rangka menyemarakkan “Bulan Bahasa” tahun 2016, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa MAN 2 Model Medan berupaya mengembangkan bakat dan kreativitas kebahasaan untuk pelajar SLTA se-Kota Medan dengan menggelar Expo Five Languages Competition (Festival 5 bahasa), terdiri dari Bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Jerman dan Jepang. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu s/d Minggu tanggal 29-30 Oktober 2016 di MAN 2 Model Jl. Willem Iskandar 7 A Medan, diikuti oleh 40 sekolah dan madrasah dengan total peserta 630 orang dari kawasan kota Medan dan sekitarnya. Expo Five Languages Competition tahun ini mengambil tema Trough The Language We Can Reach The World.

Event akbar ini dibuka secara resmi pada hari Sabtu (29/10) oleh Kakanwil Kemenagsu yang diwakili Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah H.Solahuddin Sagala,SH,M.Si, didampingi  Kepala MAN 2 Model Medan Dr.H.Burhanuddin,M.Pd, Ka.TU Samsul Bahri,S.Pd.I, dan para WKM MAN 2 Model Medan.

Dalam sambutannya, Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Kanwil Kemenagsu menyampaikan, kegiatan Expo Five Languages Competition ini realisasi dari wujud nyata Indonesia terdiri dari beragam budaya termasuk dalamnya beragam bahasa. Berdasarkan penelitian pada tahun 2008, Indonesia memiliki 442 bahasa namun tetap diikat oleh satu bahasa, yaitu Bahasa Indonesia.

Di hadapan para peserta Expo Solahuddin mengatakan, “Bulan bahasa ini diadakan bertepatan dengan bulan Oktober, di mana pada bulan Oktober tersebut terdapat satu hari khusus yaitu sumpah pemuda. Salah satu isi sumpah pemuda tersebut adalah kami putra-putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia, dan tujuan penyelenggaraan Expo Five Languages Competition ini adalah menjunjung tinggi martabat bahasa Indonesia,” ujar Solahuddin.

Dalam kesempatan itu, Kepala MAN 2 Model Medan Dr.H.Burhanuddin,M.Pd menyampaikan himbauannya kepada seluruh peserta agar menjadikan kegiatan Expo Five Languages Competition ini mendukung pengembangan program kebahasaan di sekolah masing-masing. “kegiatan Expo Five Languages Competition ini memperebutkan piala bergilir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara. Saya berharap kepada peserta agar serius mengikuti kompetisi ini, kepada para juri juga agar adil dalam melakukan penilaian, sehingga kita semua dapat menggalakkan pengembangan bahasa di sekolah kita masing-masing, sebab kunci kesuksesan di masa yang akan datang turut ditentukan oleh penguasaan bahasa asing,” tegas Burhanuddin.

Kepala Bidang Pemberdayaan Jurusan, MGMP, Litbang Bahasa MAN 2 Model Medan Fatimah,S.Ag,M.Pd menyatakan kegiatan Expo ini bertujuan untuk menggali potensi dan bakat siswa di berbagai sekolah tingkat SLTA agar semangat dalam menggalakkan lima bahasa, selain itu juga kegiatan ini untuk mengembangkan potensi siswa dalam bidang sastra dan seni. “Saya yakin dengan menggali potensi serta mengembangkan kreatifitas anak dalam Expo Five Languages Competition dapat membantu siswa/i dalam melakukan percakapan dalam lima bahasa yaitu : Indonesia, Inggris, Arab, Jerman dan Jepang,” tutur Fatimah.

  WKM Humas MAN 2 Model Medan Dr.Mohammad Al Farabi,M.Ag menjelaskan, ada sepuluh bidang yang diperlombakan pada event ini, yaitu Lomba Pidato Bahasa Arab, Berdendang Sya’ir, Kaligrafi, Story Telling, Singing Contest, Stund Up Comedy, Cerdas Cermat Bahasa Jerman, Tari Jerman, Shodo (Kaligrafi Jepang), dan Jepang Song. Para peserta bertarung memperebutkan piala bergilir Kakanwil Kemenag Sumatera Utara dan total hadiah puluhan juta rupiah. Expo Five Languages Competition  ini merupakan kegiatan kedua kalinya di MAN 2 Model Medan, dan seterusnya akan menjadi event tahunan pada setiap bulan Oktober,” tutur Al Farabi.

Baca Juga

0 Komentar

Belum ada komentar

Kirim Komentar

Nama Anda

Kota

Email

Komentar